Daerah

Abraham Paul Liyanto Ringankan Biaya Kuliah 5 Prodi di Universitas Citra Bangsa (UCB), Bagaimana Bentuknya…?

FOTO : Ketua Dewan Pembina Yayasan Citra Bina Insan Mandiri (CBIM) Kupang, Ir. Abraham Paul Liyanto

TEROPONGNTT, KUPANG — Sebanyak lima Program Studi (Prodi) di Universitas Citra Bangsa (UCB) mendapat perhatian khusus dari Ketua Dewan Pembina Yayasan Citra Bina Insan Mandiri (CBIM) Kupang, Ir. Abraham Paul Liyanto. Bentuk perhatiaannya adalah dengan menyiapkan beasiswa khusus bagi mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Hal ini disampaikan Ketua Dewan Pembina Yayasan Citra Bina Insan Mandiri (CBIM) Kupang, Ir. Abraham Paul Liyanto, ketika bertatap muka dengan panitia penerimaan mahasiswa baru UCB Kupang, Senin (5/8/2019).

“Sejak dulu saya telah terpanggil untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTT lewat dunia pendidikan. Oleh sebab itu, sebanyak lima prodi di UCB saya beri beasiswa. Bagi mereka (mahasiswa) yang tidak mampu dalam hal ekonomi, namun berprestasi maka silahkan datang dan kuliah gratis di 5 prodi kampus ini,” terang Abraham Paul Liyanto yang juga Senator asal NTT ini.

Lima prodi yang dimaksud mencakup dua fakultas. Pertama Fakultas Teknik yakni, Prodi Sarjana Teknik Sipil (Jenjang S1), Sarjana Teknik Arsitektur (Jenjang S1) dan Sarjana Teknologi Informasi (Jenjang S1). Kedua Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yakni Prodi Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris (Jenjang S1) dan Prodi Sarjana Pendidikan Informatika (Jenjang S1).

Koordinator Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UCB, Lizeth Tiwu menjelaskan, beasiswa ini berlaku bagi mereka yang tidak mampu namun berprestasi dan wajib memenuhi beberapa persyaratan lainnya. Terutama keterangan kurang mampu dari pemerintah dan dari sekolah asal.

“Beasiswa akan diberikan selama mereka kuliah di UCB. Tentu saja semua ketentuan persyaratan berlaku. Misalnya surat keterangan tidak mampu dari pemerintah setempat, keterangan berprestasi dari sekolah asal, KTP dan Kartu Keluarga,” jelas Lizeth Tiwu.

Selain itu, kata Lizeth Tiwu, beasiswa dapat dicabut apabila dalam perjalanan standar IPK tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan. “Kita punya standar IPK setiap semester yaitu 3,0. Apabila tidak sampai maka terpaksa akan kita cabut beasiswanya. Hal ini agar memacu anak-anak supaya giat dalam belajar,” jelas Lizeth Tiwu.

Penerimaan mahasiswa baru di UCB berlangsung hingga tanggal 14 Agustus 2019 namun tidak menutup kemungkinan masih dapat diperpanjang hingga akhir Agustus bagi mereka yang memiliki alasan khusus.

“Pendaftaran akan ditutup tanggal 14 Agustus 2019 dan tanggal 15 Agustus ada ujian secara computer base. Namun bagi 5 program studi di atas dan bagi mereka yang punya alasan tertentu dan baru memperoleh informasi, dapat kita terima hingga akhir Agustus 2019,”  terang Lizeth Tiwu.

(VM)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top